Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Menuju Tingkat Nasional, KSPAN Suksma Raih Juara 3

Menuju Tingkat Nasional, KSPAN Suksma Raih Juara 3

berita 09/05/2024

Suksma Journey - I Made Lanang Suputra, Dewa Ayu Cantika Kirana Swari, dan Ni Komang Ayu Suarniti berhasil meraih Juara 3 dalam ajang lomba Debat Bahasa Indonesia Nasional yang diadakan pada Selasa, 27 Februari 2024. Lomba Debat Bahasa Indonesia ini diadakan oleh Kementerian Sumber Daya Manusia Universitas Widya Mandala Katolik di Surabaya.

Mereka mendapatkan informasi lomba dari Instagram, akhirnya mereka tertarik untuk mengikuti ajang perlombaan ini.  Tahap penyisihan diselenggarakan tanggal 3 Februari 2024 hingga berhasil lolos 4 besar. Selanjutnya tanggal 27 Februari 2024 mereka mengikuti babak semifinal dan final di Surabaya. Meskipun gagal dalam babak final tetapi tiga siswa/i Suksma ini berhasil membawa pulang Juara 3. Beberapa persiapan yang mereka lakukan untuk ajang perlombaan ini, yaitu sering sparing debat dengan teman di ekstra KSPAN hingga provinsi lain secara intens. Mereka juga memberikan beberapa tips untuk mengikuti perlombaan debat, “Kuncinya tergantung kalian yang mau atau tidaknya untuk mengikuti perlombaan ini. Jika sudah ada kemauan, sering-sering latihan serta cari teman atau tim yang kooperatif. Jangan sampai semangatnya padam,” ujar Ayu. Meskipun diiringi dengan kesulitan yang membuat mereka beberapa kali terganggu, tetapi mereka terus berusaha untuk menjadi yang terbaik.

Juara yang mereka peroleh merupakan hasil dari usaha dan persiapan yang dilakukan dengan matang. Selain itu, mereka turut memberikan kesan dan pesan untuk memotivasi siswa/i Suksma yang memiliki ketertarikan dengan lomba debat. “Kami merasa sangat senang, karena debat ini bukan hanya tentang perlombaan, tetapi juga sesuatu untuk belajar banyak hal seperti analisis suatu masalah, isu-isu yang terjadi di lingkup internasional maupun nasional, serta kita bisa menambah relasi. Tentunya kita juga jadi mengenal beberapa coach yang keren-keren. Bagi kalian yang tertarik dengan public speaking jangan takut mencoba untuk belajar debat, nikmati prosesnya dan berusahalah semaksimal mungkin," (dwi & ayr)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :