Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Lomba Dharma Suaka Hadirkan Tanda Tanya dalam Bulan Bahasa Bali 2020

Lomba Dharma Suaka Hadirkan Tanda Tanya dalam Bulan Bahasa Bali 2020

berita 13/02/2020

Sukawati, SUKSMA JOURNEY - SMA N  1 Sukawati kembali mengadakan event Bulan Bahasa Bali untuk yang kedua kalinya. Perayaan bulan bahasa bali bertujuan untuk melestarikan budaya Bali yang mulai ditinggalkan anak muda. 
 
 
Di tahun 2020, event ini diadakan pada tanggal 12 — 13 Februari. Untuk merayakannya, pihak panitia mengadakan berbagai macam lomba.  Hari pertama diisi dengan Lomba Cerpen, Lagu Pop Bali, Dharma Gita, dan Nyurat Lontar. Sedangkan pada hari kedua diisi dengan Lomba Dharma Wacana dan Dharma Suaka. 
 
"Kalau dia sudah punya dasar berbahasa Bali sejak dini, dia akan menjadi pewaris juru bicara atau penglingsir dalam upacara Dharma Suaka atau Memadik," ujar Ketua Panitia Bulan Bahasa Bali 2020, Drs. I Wayan Wina kala ditanya mengenai tujuan Lomba Dharma Suaka.
 
Sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali Tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali No. 80 Bab V pasal 7 ayat (1) yang telah ditetapkan bahwa: "Bulan Bahasa Bali diselenggarakan setiap Bulan Februari." Namun, untuk hari dan tanggal disesuaikan oleh masing-masing sekolah. 
 
"Semoga event ini dapat terlaksana dengan baik, bermanfaat bagi siswa, mampu memotivasi siswa untuk melestarikan budaya bali yang mulai ditinggalkan oleh anak muda," imbuh Ketua Panitia pihak OSIS, I Putu Yudistira Mudita Oka. (Cokma)
 
 

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :