Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Tak Puas Hasil Lomba Tahun Lalu! Sastrawan Berhasil Gaet Juara 1 Perlombaan Nyurat Lontar

Tak Puas Hasil Lomba Tahun Lalu! Sastrawan Berhasil Gaet Juara 1 Perlombaan Nyurat Lontar

berita 28/10/2021

SUKSMA Journey - I Kadek Sastrawan berhasil meraih juara pertama pada perlombaan nyurat lontar yang diadakan oleh mahasiswa UNDIKSHA. Lomba ini dilaksanakan pada hari Senin (25/10) secara offline yang bertempat di gedung Sasana Budaya, Singaraja. Perlombaan ini mengangkat tema menjunjung budaya dan sastra sekaligus terkait dengan peringatan bulan bahasa.

Lomba ini diikuti oleh seluruh SMA/SMK se-provinsi Bali dengan total peserta berjumlah 26 orang. Seluruh peserta lomba berada di dalam ruang terbuka dan sudah mentaati protokol kesehatan. Waktu yang diberikan kepada masing-masing peserta selama 45 menit.

SMA Negeri 1 Sukawati mengirim 2 orang peserta, yang diwakili oleh I Kadek Sastrawan serta rekannya, Ni Komang Mila Yulita Dewi. Sebelumnya SMA Negeri 1 Sukawati, selalu mengikuti lomba-lomba dan hampir selalu membawa pulang juara namun, selama pandemi covid-19 baru kali ini mengikuti perlombaan kembali.

Sastrawan menuturkan alasannya mengikuti lomba ini karena merasa tidak puas pada lomba tahun lalu serta ingin memperbaiki kesalahannya. Ia mengaku melakukan dengan cara latihan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas agar lebih baik lagi. Ia juga menceritakan kendala yang dialaminya saat lomba berlangsung, ”Kendala yang saya alami mungkin saat pembagian lontar. Karena waktu pembagian, lontar yang dibagikan oleh panitia kadang-kadang kita mendapat lontar yang kasar atau halus dan kemarin saya mendapat lontar yang agak kasar yang menurut saya kurang bagus lah dibandingkan dengan lontar yang saya pakai saat latihan,” terang Sastrawan.

”Lomba kemarin luar biasa sih. Untuk jumlah pesertanya lebih meningkat daripada tahun lalu. Buat teman-teman semua yang mengikuti lomba kemarin jangan berkecil hati dan masih ada beberapa lomba yang harus diikuti juga dan jangan menganggap bahwa lomba yang kemarin sebagai kekalahan, anggap itu sebagai pelajaran aja.” tambahnya pada saat diwawancarai secara online (26/10).

Bapak Made Tunggu S.Pd. selaku pembina dari ekstra sastra bali SUKSMA juga turut serta dalam perlombaan ini dengan membimbing murid perwakilan SUKSMA. Beliau berpesan kepada mereka agar selalu rajin latihan dirumah karena tidak memungkinkan latihan di sekolah. Beliau juga mengungkapkan kesannya, ”Bapak sangat bangga sekali bersama pak Wira yang juga mendampingi, bapak sangat mengapresiasi dan sangat berterima kasih pada siswa-siswa yang telah mengharumkan nama sekolah kita,”

“Untuk harapan bapak kedepannya, siswa/i yang mengikuti ekstra sastra itu berbagi ilmu dan kemampuannya kepada teman-teman yang lainnya. Jadi semua siswa di SMA Negeri 1 Sukawati bisa melestarikan huruf Bali dan otomatis semua warga SUKSMA dapat melestarikan budaya Bali, terutama budaya sastra dan aksara Bali.” tutur beliau saat diwawancarai (27/10)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • Drs. I Nyoman Putra, M.Pd.

    Drs. I Nyoman Putra, M.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Ni Ketut Darmini, S.Pd.

    Ni Ketut Darmini, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Drs. I Wayan Artha Utama

    Drs. I Wayan Artha Utama

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Kasubag Tata Usaha

FORM KELANJUTAN

Ditujukan Kepada Semua Alumni Siswa SMA Negeri 1 Sukawati, agar mengisi form kelanjutan Lulusannya melalui tautan https://forms.gle/PchBEtGXs2Nu7D5F6 untuk digunakan sebagai pendataan sekolah

Pengisian data paling lambat 25 Desember 2021 pukul 21.00 Wita, terima kasih.

Agenda

DAPODIKDASMEN

Peta Lokasi

Follow Kami :