Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Inspiratif! Ikuti Ajang Pemilihan 'Teruna Teruni Bali 2022', Perwakilan Jegeg Bagus Suksma: Jangan Sampai Menyesal Karena Terlambat

Inspiratif! Ikuti Ajang Pemilihan 'Teruna Teruni Bali 2022', Perwakilan Jegeg Bagus Suksma: Jangan Sampai Menyesal Karena Terlambat

berita 15/01/2022

Suksma Journey - Ida Bagus Ari Radhya Wedangga Basmangkura dan Pande Komang Indah Triroshanti dari Jegeg Bagus Suksma mengikuti ajang Teruna Teruni Bali 2022. Ida Bagus Ari Radhya Wedangga menuturkan bahwa ia memulai diri di dunia pageant sejak tahun 2021 dengan mengikuti Mister Tourism Teen Bali sebagai Finalis Mister Tourism Teen Badung 2. Melalui dunia pageant, Radhya Wedangga memotivasi dirinya untuk bisa keluar dari zona nyaman dan meyakini bahwa ia mampu untuk mengikuti suatu ajang. Begitu juga Pande Komang Indah Triroshanti menyertai bahwa ia pertama kali terjun di dunia pageant melalui ajang Jegeg Bagus Suksma dan bidang tersebut merupakan passionnya. Melalui motivasinya untuk terus mengikuti pageant yang lebih luas ruang lingkupnya, Indah Triroshanti menerima ajakan rekannya, Radhya Wedangga, untuk mengikuti pendaftaran Teruna Teruni Bali 2022.

Pendaftaran mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2021-30 Juni 2021. Tahap-tahap kegiatan pemilihan Teruna Teruni Bali 2022 dimulai dari seleksi 1, camp karantina dan grand final pada 30 Agustus 2021. Kegiatan pemilihan Teruna Teruni Bali 2022 dilaksanakan dengan kurun waktu yang panjang dikarenakan banyak kegiatan yang diundur karena keadaan pandemi COVID-19. Setelah menyertakan berkas pendaftaran, pada seleksi pertama di Kantor DPD RI Provinsi Bali, dilaksanakan tes wawancara dan tes tulis serta pembekalan dengan jumlah 160 peserta. Untuk memilih Teruna Teruni Bali 4 Pilar diadakan tes deep interview oleh Bapak Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III. Selanjutnya, dilaksanakan kemah karantina semifinalis selama tiga hari dan kunjungan ke beberapa lokawisata seperti Kampung Inggris, Danau Batur, Pura Ulun Danu, Patung Dewi Danu serta berkunjung ke Istana Mancawarna (The Soekarno Center). Pada hari terakhir pelaksanaan kemah karantina, diumumkan pula 18 besar finalis dan akan diberikan pembekalan menuju grandfinal sekaligus pelantikan paguyuban Teruna Teruni Bali 2022 yang dilaksanakan pada 30 Agustus 2021 di ballroom 100 Sunset Kuta Hotel.

Persiapan matang perlu dilakukan oleh Radhya Wedangga dan Indah Triroshanti, seperti mencari berbagai informasi secara mandiri, mempelajari berbagai bahasa meliputi bahasa Bali, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kemudian, mempelajari wawasan tentang kepariwisataan di Bali, membuat power point untuk presentasi entrepreneurship sekaligus mengenalkan usaha yang dimiliki serta mempelajari wawasan kebangsaan untuk memperebutkan Teruna Teruni Bali 4 Pilar. Pada 30 Agustus 2021, Ida Bagus Ari Radhya Wedangga Basmangkura dan Pande Komang Indah Triroshanti resmi dilantik menjadi Teruna Teruni Bali 2022 sebagai Duta Wisata Provinsi Bali dan mendapatkan gelar sebagai Finalis Top 9 Teruna Teruni Bali 2022 serta Juara Atribut Teruni Bali Empat Pilar 2022.

Selama menjadi Teruna Teruni Bali 2022, Ida Bagus Ari Radhya Wedangga Basmangkura dan Pande Komang Indah Triroshanti memfokuskan diri pada kepariwisataan namun tidak menutup diri untuk bergerak di bidang lain seperti kebudayaan dan kemanusiaan.

“Salah satu hal terkecil yang bisa dilakukan sebagai kontribusi adalah dengan memanfaatkan sosial media yang dimiliki,” tutur Pande Komang Indah Triroshanti. Ia juga menjelaskan, bahwa melalui media sosial, ia bisa turut berkontribusi mempromosikan pariwisata dengan membuat unggahan cerita ketika berwisata dan memberi tanda lokasi sehingga ia bisa mengenalkan wisata tersebut kepada para pengguna media sosial yang mengikutinya. Ida Bagus Ari Radhya Wedangga Basmangkura juga menyampaikan pada saat semifinalis pun, mereka diminta untuk membuat video dokumentasi pariwisata yang ada di daerah asalnya, ia pun membuat video dengan memperkenalkan wisata pantai Saba yang terletak di desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Peguyuban Teruna Teruni Bali akan terus berinovasi menjalankan program kerja yang bertujuan untuk membangkitkan kembali pariwisata Bali khususnya dimasa pandemi.

Pande Komang Indah Triroshanti menuturkan pesan dan harapannya, terkhusus untuk teman-teman di SMA Negeri 1 Sukawati apabila mendapat suatu kesempatan agar digunakan sebaik mungkin karena baginya lebih baik mencoba kemudian gagal daripada menyesal karena tidak mencoba sama sekali. Ia berharap agar pariwisata di Bali lekas membaik dan generasi muda dapat berkontribusi untuk membangkitkan kembali pariwisata. Ida Bagus Ari Radhya Wedangga Basmangkura berpesan, “Kita harus keluar dari zona nyaman dan ikuti setiap ajang yang sesuai dengan passion, jangan sampai menyesal karena terlambat.” (Fira)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • Drs. I Nyoman Putra, M.Pd.

    Drs. I Nyoman Putra, M.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Ni Ketut Darmini, S.Pd.

    Ni Ketut Darmini, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Drs. I Wayan Artha Utama

    Drs. I Wayan Artha Utama

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Kasubag Tata Usaha

FORM KELANJUTAN

Ditujukan Kepada Semua Alumni Siswa SMA Negeri 1 Sukawati, agar mengisi form kelanjutan Lulusannya melalui tautan https://forms.gle/PchBEtGXs2Nu7D5F6 untuk digunakan sebagai pendataan sekolah

Pengisian data paling lambat 25 Desember 2021 pukul 21.00 Wita, terima kasih.

Agenda

DAPODIKDASMEN

Peta Lokasi

Follow Kami :