Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Kenali Dek Kris, Siswa Suksma Ketua Terpilih FAD Gianyar dan Mimpinya untuk Mengubah Dunia

Kenali Dek Kris, Siswa Suksma Ketua Terpilih FAD Gianyar dan Mimpinya untuk Mengubah Dunia

berita 30/03/2022

Suksma Journey - “Semua yang aku lakuin sekarang ini, aku harap bisa membuatku menjadi orang yang berguna bagi masyarakat dan bisa membuat perubahan besar pada dunia. Aku pengen semua usahaku yang sekarang bisa membuat dunia ini menjadi lebih baik lagi.”

Begitulah harapan I Kadek Krishna Suputra, sosok yang sangat mengagumi tokoh-tokoh besar yang mampu mengubah dunia. Dek Kris—begitu panggilan akrabnya, adalah anak kedua dari empat bersaudara. Ia dan keluarganya menetap di Batubulan. Tepatnya di Gang Batu Mutiara, Jalan Pasekan, Batubulan.

Masa taman kanak-kanak dihabiskan Dek Kris di TK Jambe Kumara. Lalu ia melanjutkan pendidikan SD dan SMP-nya di SD Jambe Agung dan SMP Cipta Dharma Denpasar. SMA Negeri 1 Sukawati pun menjadi tempatnya untuk menghabiskan masa-masa remaja sebelum beranjak ke jenjang perguruan tinggi.

Dek Kris lahir pada tanggal 21 Mei 2006. Walaupun usiannya terbilang masih muda, remaja 15 tahun ini nyatanya sudah mengukir banyak prestasi bahkan saat masih menduduki bangku sekolah dasar. Saat masih berseragam putih-merah, ia sempat mengikuti Olimpiade Sains Nasional tingkat SD dan berhasil lolos hingga tingkat kabupaten. Selain itu, ia juga sempat mengikuti Kompetisi Dokter Kecil Warmadewa (KDKW) se-Bali dan berhasil meraih juara II bersama rekan satu timnya. Tak berhenti di sana, ia melanjutkan menambah daftar prestasinya dengan meraih juara I pada ajang SMS Competition yang diselenggarakan oleh SMPN 1 Gianyar.

Dek Kris tumbuh menjadi sosok yang sangat suka berorganisasi, maka masa SMP dan SMA-nya ia isi dengan berorganisasi. Baik di SMP maupun SMA, ia aktif menjadi bagian dari Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS.

Pandemi tak lantas menghambat Dek Kris untuk terus meningkatkan pencapaiannya. Ia yang masih menduduki bangku kelas X ini berhasil terpilih menjadi salah satu dari lima duta Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Gianyar. Dari lima komisi yang ada, ia terpilih menjadi Duta Komisi Jaringan. Tak lama setelah itu, ia berhasil terpilih menjadi Ketua FAD Gianyar setelah mengikuti serangkaian kegiatan pemilihan.

Sosok yang menggemari Astronomi ini kerap membaca buku dan menonton video motivasi di waktu senggangnya. Kegemarannya membaca mempertemukannya dengan tokoh-tokoh idolanya. Bila berbincang mengenai tokoh-tokoh seperti Albert Einstein, Alexander Agung, hingga Julius Caesar, Dek Kris akan menimpali dengan sangat antusias, seakan pembicaraan itu tak akan ada ujungnya. “Tokoh-tokoh itu memiliki dedikasi tinggi dalam mencapai keinginan mereka. Mereka juga bisa memberikan pengaruh besar pada dunia dengan caranya masing-masing,” ungkapnya. “Aku juga pengen banget sebenernya menjadi salah satu orang yang bisa mengubah dunia,” lanjutnya penuh harap.

Sosok Dek Kris seolah mengingatkan kita bahwa seberapa pun indahnya mimpi, bila tidak diiringi dengan langkah nyata untuk mewujudkannya, maka mimpi tetaplah mimpi. Dek Kris tak pernah lelah untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas dirinya—baik dengan berorganisasi maupun mengikuti berbagai perlombaan, agar kelak ia bisa mewujudkan mimpinya itu. Menjadi orang yang bisa mengubah dunia. (Lan)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :