Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

PMR Wira Suksma Gaet Banyak Harapan Lewat Donor Darah

PMR Wira Suksma Gaet Banyak Harapan Lewat Donor Darah

berita 24/08/2022

Suksma Journey – Acara donor darah Suksma hadir kembali melengkapi kegiatan Aksara hari ke-3, yaitu Rabu (24/08/2022). Acara tersebut merupakan bentuk kerjasama PMR Wira Suksma bersama dengan petugas Unit Donor Darah PMI Kabupaten Gianyar. Donor darah dimulai pada pukul 08.00-13.00 WITA yang diikuti oleh warga sekolah maupun kalangan masyarakat luar yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Pelaksanaan donor darah memiliki tujuan tersendiri, yakni untuk membantu memenuhi kantong darah yang nantinya bisa diberikan kepada pasien anemia dan cuci darah untuk meningkatkan kadar hemoglobinnya. Selain itu terdapat manfaat yang turut mendukung antusiasme partisipan. Salah satunya ialah pemeriksaan darah secara gratis meliputi pengecekan kadar hemoglobin serta pemeriksaan mengenai bagaimana kondisi kesehatan pendonor.

Ni Putu Pande Maharani selaku ketua panitia donor darah PMR Wira Suksma menuturkan bagaimana persiapan serta pelaksanaan dari kegiatan ini. “Pertama, kita membentuk kepanitiaan donor darahnya pada tanggal 8 Juli 2022 dan untuk persiapannya itu seperti biasa kita membuat RD, menyiapkan kelas, serta untuk publikasi dan dokumentasi. Kita juga menyiapkan banner dan hal lainnya.” ujar Pande.

Ia juga mengungkapkan bagaimana detail pelaksanaan acara ini. “Kita start dari pagi, pukul 06.30 sudah mulai membuka registrasi. Untuk registrasi kita pisahin antara ruangan siswa dan masyarakat. Nah, setelah selesai registrasi peserta akan diarahkan untuk ke ruang donor darah. Di ruangan donor darah, peserta akan melewatkan dua pemeriksaan. Kalau misalnya di ruang pemeriksaan yang pertama peserta tidak lolos, maka dia tidak bisa didonorkan darahnya. Kalau misalnya peserta lolos dalam kedua pemeriksaan, maka bisa diambil darahnya. Terakhir, peserta dipindahkan ke ruang observasi untuk beristirahat dan menunggu piagam.”


Persiapan yang matang diimbangi pelaksanaan yang hampir tanpa kendala, berakhir dengan kesan yang baik dari peserta donor darah. Ni Putu Puspita Dewi, salah satu peserta donor darah yang juga merupakan alumni Suksma mengutarakan kesannya selama menjalani proses donor darah. “Kesannya kayak seru aja, walaupun sendiri ke sini tapi engga merasa sendiri karena rame-rame juga disini.” terangnya. Puspita juga menambahkan bahwa selama pemeriksaan semua proses sudah diarahkan dengan jelas sehingga tak menimbulkan kendala.

Petugas Unit Donor Darah PMI Kabupaten Gianyar turut membagikan kesan dan harapannya terhadap acara ini. “Harapan PMI Kabupaten Gianyar itu besar untuk kegiatan donor darah ini, agar rutin diadakan setiap 3 bulan sekali supaya stoknya juga aman. Pasien juga dapat cepat tertangani serta tidak ada yang namanya stok kurang/habis. Untuk kesehatan, pendonor juga mendapat banyak manfaat. Karena hal ini sangat menguntungkan di mana si pendonor bisa mendapat manfaat bagi kesehatan, dan si pasien juga dapat darah agar bisa cepat sehat.” ungkap I Wayan Sri Parwati, Manager Kualitas Unit Donor Darah PMI Kabupaten Gianyar yang sekaligus mewakili rekan PMI Kabupaten Gianyar. (Tih & Dre)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Kasubag Tata Usaha

POJOK PPDB 2022-2023

Petunjuk Teknis

Famlet Paparan Portal Pendaftaran

Draft Surat-surat

Surat Pernyataan Ortu S.K. Tempat Tinggal S.K. Nilai Rapor

Kontak Panitia

Ibu Darmini
0878-6216-1988
Ibu Gung Lylik
0896-8590-7728
Bapak Astawa
0813-3858-2492

Agenda

DAPODIKDASMEN

Peta Lokasi

Follow Kami :