Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Lomba Gebogan Ramaikan Perayaan Hari Raya Saraswati 2022

Lomba Gebogan Ramaikan Perayaan Hari Raya Saraswati 2022

berita 21/10/2022

Suksma Journey – Jumat, 21 Oktober 2022 menjelang hari raya Saraswati, SMA N 1 Sukawati melangsungkan berbagai rangkaian kegiatan. Dimulai dari berlangsungnya perlombaan gebogan hingga kegiatan mecaru dan persembahyangan bersama. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 07.30 hingga 11.30 WITA, diawali dengan pelaksanaan lomba gebogan yang berpapasan dengan kegiatan mecaru yang dilakukan di berbagai area sekolah SMA N 1 Sukawati.

Lomba gebogan sendiri dilaksanakan mulai dari pukul 07.30 hingga 10.30 WITA. Para siswa yang mengikuti perlombaan mulai membuat gebogan di area kelas masing-masing. Gebogan yang sudah disusun sedemikian rupa, akan dibawa menuju GOR untuk dilakukan penilaian oleh para juri, yakni Ni Putu Yuna Martika dan Ni Wayan Yuni Gitama, selanjutnya mulai melakukan berbagai macam penilaian sesuai kriteria yang telah ditentukan.

Ida Ayu Suarantika Indra Khirana, salah satu peserta lomba gebogan menyampaikan pendapatnya mengenai arti dari gebogan. Menurutnya, gebogan adalah suatu rasa syukur atau rasa terimakasih kita kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang dipersembahkan dengan hati yang tulus ikhlas. Ia juga menyampaikan bagaimana persiapan dan kendala yang ia alami selama mengikuti perlombaan ini.

“Untuk persiapannya pasti pertama kita meminjam wanci, membeli buah-buahan, belajar cara nues, dan mejaitan. Kendalanya pasti banyak karena pertama kali membuat gebogan ini. Bagian yang paling sulit itu pas nyusun buahnya karena bentuknya yang harus sama dan dibagian menusukan buah juga harus sejajar,” jelas Dayu Khirana.

Diakhir ia juga mengutarakan perasaannya selama mengikuti lomba gebogan ini. “Lomba ini sangat seru dan sangat mengedukasi. Semoga kedepannya bisa lebih seru lagi, bisa lebih meriah lagi dan bisa memakai bahan-bahan yang lebih modern lagi. Karena sekarang hanya memakai buah-buahan lokal, jadi lumayan terbatas.”

I Putu Rama Adi Saputra selaku ketua panitia event Saraswati menjelaskan alasan dilangsungkannya lomba gebogan ini sebagai salah satu rangkaian acara perayaan hari raya Saraswati tahun 2022. Ia menuturkan bahwa gebogan ini dipilih untuk dijadikan sebuah lomba dengan tujuan mengasah kreativitas para siswa SMA N 1 Sukawati yang nantinya hasil dari gebogan tersebut akan dihaturkan di Pura Saraswati dan Pura Giri Putri. Gebogan yang diperlombakan merupakan gebogan pelepah pisang yang ditusuk karena gebogan ini sudah lebih dulu ada dibanding gebogan tumpuk.

 

Berbagai sarana dan prasarana yang dipersiapkan panitia adalah GOR sebagai tempat berlangsungnya kegiatan penilaian lomba gebogan serta bangku-bangku yang dipergunakan sebagai tempat meletakan gebogan di Pura Padmasana Saraswati dan Pura Padmasana Giri Putri.

Terakhir, Rama menyampaikan pesan dan kesannya selama menjadi ketua panitia event Saraswati. Ia menyampaikan bahwa dirinya merasa cukup senang karena bisa melaksanakan dan memeriahkan perayaan hari raya Saraswati di SMA N 1 Sukawati. (ana & tih)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Kasubag Tata Usaha

POJOK PPDB 2022-2023

Petunjuk Teknis

Famlet Paparan Portal Pendaftaran

Draft Surat-surat

Surat Pernyataan Ortu S.K. Tempat Tinggal S.K. Nilai Rapor

Kontak Panitia

Ibu Darmini
0878-6216-1988
Ibu Gung Lylik
0896-8590-7728
Bapak Astawa
0813-3858-2492

Agenda

DAPODIKDASMEN

Peta Lokasi

Follow Kami :