Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Perdana Ikuti Lomba, 3 Pelajar Suksma Raih Juara 1 KTI

Perdana Ikuti Lomba, 3 Pelajar Suksma Raih Juara 1 KTI

berita 02/01/2023

Suksma Journey – Tak henti-hentinya sumbangkan prestasi, kini tiga siswa/i SMA Negeri 1 Sukawati berhasil meraih prestasi dalam kejuaraan Karya Tulis Ilmiah pada 12 November 2022 lalu.

Ni Luh Pradnya Wulandari, Ni Putu Ananda Pradnyamita, dan I Kadek Tangkas Mas Wardiana Putra berasal dari kelas XI MIPA 1. Mereka berhasil mendapatkan juara satu dalam lomba KTI yang diselenggarakan oleh Universitas Bali Internasional. Wulan menceritakan alasan mengikuti lomba, awalnya karena kakak kelas mereka yang menawarkan untuk mengikuti kejuaraan tersebut. Lantaran jenuh tidak ada kegiatan, ketiga pelajar itu mencari informasi lebih lanjut melalui Instagram dan memilih mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah.

Lomba ini dilaksanakan secara online mulai dari pengumpulan sampai mempresentasikan karya yang dibuat. Walaupun pertama kali mengikuti lomba KTI, patut diapresiasi mereka dapat mempersiapkan materi lomba dalam waktu singkat, yaitu sekitar dua minggu. Kendati demikian, tiga pelajar ini mengaku mengalami kesulitan dalam mengikuti lomba, salah satunya karena keterbatasan dan sulitnya mendapatkan alat yang memadai untuk melaksanakan penelitian.

Ananda mengutarakan bahwa ia senang karena berkat mengikuti lomba tersebut berhasil melatih mental dan banyak mendapat pembelajaran tambahan, salah satunya dalam bidang eksperimen. Wulan juga ikut mengungkapkan kesannya, “Kalau aku sih merasa tertantang dan seru banget, karena ini pertama kalinya kami mengikuti lomba KTI. Dari yang awalnya kami bingung KTI itu kaya gimana, apalagi KTI itu ber bab-bab, jadi kami sempet ragu bisa menyelesaikan prakteknya dalam waktu seminggu dan ini jadi tantangan tersendiri bagi kami. Dan waktu KTI-nya selesai, kami seneng banget karena menghasilkan hasil yang gak pernah disangka-sangka,” ujar Wulan.

"Dan kalau aku, sebenernya sama kayak mereka berdua, ada senengnya ada susahnya juga deg-degan, apalagi KTI kami selesainya H-1 jam,” timpal Tangkas. Mereka juga memberikan pesan untuk teman-teman semua yang ingin mengikuti jejak mereka. Pada saat mengikuti lomba, yang utama harus ada niat untuk mengikuti lomba tersebut, yakin pada diri sendiri, dan percaya pada proses. (Int)

 
 

 

 

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :