Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Wakili Suksma, Abdi Ikuti Raida Bali XII

Wakili Suksma, Abdi Ikuti Raida Bali XII

berita 05/01/2023

Suksma Journey - Ambalan Bima Drupadi (Abdi)  merupakan salah satu ekstra aktif yang dibuktikan dengan mengikuti salah satu kegiatan Raimuna Daerah Bali XII tahun 2022 di Bumi Perkemahan Margarana, kecamatan Marga Tabanan yang dilaksanakan pada 3 - 7 Desember 2022. Raimuna Daerah Bali XII tahun 2022 merupakan salah satu kegiatan tingkat penegak, yaitu pertemuan besar penegak dan pendega se-Bali dalam bentuk perkemahan besar. Raida Bali XII ini diadakan selama 5 tahun sekali.  Panitia terdiri dari DKD BALI (Dewan Kerja Daerah Bali) dan mengambil beberapa dari DKC (Dewan Kerja Cabang).

Abdi Suksma mengirimkan 4 peserta yakni Bayu Salwa Maruta, Ni Putu Intan Cahyani, I Gede Arya Bagiarta dan Gusti Ayu Shri Rahmaswari. Dalam kegiatan Raida tidak hanya tentang aspek kepramukaan saja, melainkan terdapat sosialisasi, aspek menejemen, konservasi lingkungan dan sebagainya.

Salwa mengungkapkan bahwa dalam kegiatan tersebut para anggota akan dibagi dalam sebuah umpi (tim). Dari kabupaten Gianyar sendiri mengirimkan 6 umpi ( 3 umpi putri & 3 umpi putra) yang dimana masing-masing umpi terdiri dari 8 orang. Setiap kontingen dari masing-masing kabupatan menyiapkan pensi, carnaval, tenda & keperluan lainnya untuk berkegiatan. "Persiapannya kurang lebih 3 Minggu di Sanggar Bakti Pramuka Gianyar termasuk latihan bareng," ujar Salwa.

Selain itu, di antara banyaknya kegiatan yang mereka lalui, Salwa juga mengatakan bahwa kegiatan yang paling berkesan adalah ketika ia ditugaskan untuk korve atau piket, seperti menyiapkan makanan dan membersihkan tempat tidur. Intan juga ikut menceritakan pengalaman yang berkesan baginya, yaitu saat pengembaraan ke sawah, dan diberi tugas yang seru di setiap posnya.

"Hujan turun pas kami latihan pensi, dan karena itu kami harus pindah latihan, beberapa lampu mati. Di sisi lain, kami juga harus pintar-pintar ngatur waktu dikarenakan saat itu masa-masa ulangan akhir semester," tutur Salwa saat menceritakan kendalanya selama kegiatan.

Di akhir kata, Salwa menyampaikan pesannya  agar jangan sia-sia kan kesempatan yang diberi dan Intan pun ikut menambahi, "Jangan takut mencoba hal baru apapun rintangannya, hadapi, jangan goyah, jangan cepat tumbang, karena kita tidak tau ke depannya sesuatu yang baru itu akan menghasilkan hal yang benar-benar berguna untuk kita di masa depan nanti."

(trz & deari)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Kasubag Tata Usaha

POJOK PPDB 2022-2023

Petunjuk Teknis

Famlet Paparan Portal Pendaftaran

Draft Surat-surat

Surat Pernyataan Ortu S.K. Tempat Tinggal S.K. Nilai Rapor

Kontak Panitia

Ibu Darmini
0878-6216-1988
Ibu Gung Lylik
0896-8590-7728
Bapak Astawa
0813-3858-2492

Agenda

DAPODIKDASMEN

Peta Lokasi

Follow Kami :