Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Tiada Henti, KSPAN Suksma Kembali Raih Juara Nasional

Tiada Henti, KSPAN Suksma Kembali Raih Juara Nasional

berita 15/01/2023

Suksma Journey – Mendengar nama KSPAN Suksma, tidak asing lagi bagi warga SMA Negeri 1 Sukawati mengenai banyak prestasi yang diperoleh. Kini KSPAN Sukma kembali menoreh prestasi tingkat nasional pada perlombaan Administration Festival yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia dengan mengusung tema “The Rise of Administration: Reinforcing Indonesia’s Administration for Developing Industry, Innovation, and Infrastructure through SDGs”. Lomba ini diadakan secara daring dengan tahap seleksi karya yang berlangsung selama 3 bulan.


Perlombaan AdFes alias Administration Festival memiliki 3 cabang lomba yaitu lomba essay, debat, dan juga poster. KSPAN Suksma mengikuti ketiga cabang lomba tersebut serta berhasil meraih penghargaan pada tiap cabang lomba. Dalam lomba Essay, mereka meraih juara 1 sebagai Best Vidio Presentation oleh Ni Kadek Fitria Parahita, Jessica Olivia Wulandari Riyanto, dan Ni Made Meiska Dwi Cahyani. Selanjutnya Putu Maha Purnama dan I Wayan Arya Adi Guna masing-masing meraih juara 1 dan juara 3 dalam lomba poster. Serta perwakilan tim lomba debat, yaitu Ni Made Desta, Komang Trisanthi Kumbarani, dan Putu Marvin Kayana berhasil meraih juara 3.


KPSAN Suksma melakukan persiapan lomba-lomba tersebut dengan matang. Dalam mempersiapkan lomba poster, Maha membutuhkan waktu yang lama untuk mencari referensi desain dan persiapan materi. Pada lomba debat, mereka melakukan persiapan dengan latihan dan sparing dengan tim debat di KSPAN. Sementara pada persiapan lomba esai, mereka perlu melakukan pendekatan terlebih dahulu dikarenakan salah satu dari anggota tim sebelumnya yang pernah mengikuti lomba esai dengan anggota tim yang berbeda. Ini dilakukan untuk menyelaraskan ide dan sudut pandang mereka dalam menyusun suatu esai.


Di balik kesuksesan mereka meraih juara, terdapat kendala yang mereka hadapi. Ni Kadek Fitria Parahita selaku ketua tim lomba esai mengutarakan kendalanya dalam menyusun esai yang dilombakan, “Menurutku kendalanya adalah menentukan keputusan dan menjadi penengah dari ide-ide yang disampaikan anggota.”


“Kesannya bangga tentunya dapat mewakili sekolah ke tingkat nasional, melalui begitu panjang tahapan seleksi dan akhirnya menggaet juara dari banyaknya sekolah yang mengikuti lomba tersebut. Pesan dariku khususnya untuk adik-adik di KSPAN Suksma, lanjutkan prestasi yang sudah diukir bersama, jangan menyerah, kembangkan potensi diri dan belajar nikmati segala prosesnya. Menulis essay tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi perlu analisis yang tajam, pemecahan masalah yang tepat sasaran, argument dan data pendukung yang kuat. Jadi saranku, berani coba berani bertanggung jawab, ketika kita memulai langkah untuk berani, tentunya kita harus mengikuti segala prosesnya.” Jelas Fitria. (cin & una)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Kasubag Tata Usaha

POJOK PPDB 2022-2023

Petunjuk Teknis

Famlet Paparan Portal Pendaftaran

Draft Surat-surat

Surat Pernyataan Ortu S.K. Tempat Tinggal S.K. Nilai Rapor

Kontak Panitia

Ibu Darmini
0878-6216-1988
Ibu Gung Lylik
0896-8590-7728
Bapak Astawa
0813-3858-2492

Agenda

DAPODIKDASMEN

Peta Lokasi

Follow Kami :