Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Peringati Bulan Bahasa Bali, Suksma Adakan Lomba yang Unik

Peringati Bulan Bahasa Bali, Suksma Adakan Lomba yang Unik

berita 20/02/2023

Suksma Journey — Perayaan lomba Bulan Bahasa Bali telah mencapai hari ketiga pada Senin, 20 Februari 2023. Kegiatan yang berlangsung, yakni lanjutan lomba mejejauman yang sudah dilaksanakan dari Jumat, 17 Februari 2023. Di mana, perlombaan ini diikuti oleh siswa/i kelas 10 dan 11 SMA Negeri 1 Sukawati.

Lomba mejejauman merupakan tradisi mepamit yang dilakukan oleh calon mempelai wanita (pradana) kepada keluarga besarnya, terutama leluhur mempelai wanita. Tujuan diadakannya lomba mejejauman yaitu memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang tradisi mejejauman, serta melatih kepercayaan diri siswa untuk tampil di khalayak umum. Aspek yang dinilai dari lomba ini ialah penampilan (wiraga), penampilan penguasaan materi (wirasa), intonasi (wirama), dan tata bahasa (anggah-ungguhin Bahasa Bali).

Ketua pelaksana lomba mejejauman, I Gede Raditya Ananda Putra memaparkan persiapannya, “Kalau dari pihak panitia sendiri kita menyiapkan kriteria lomba, form penilaian juri serta persiapan panggung.” Ia juga mengungkapkan kendala yang dilalui pasca persiapan lomba mulai dari revisi kriteria karena perlu persetujuan dari juri dan ada beberapa perlengkapan yang diperlukan secara mendadak.

I Kadek Jodi Martha, salah satu peserta lomba mengungkapkan kendala yang dirasakan, “Kendalanya itu saat skrip sudah selesai tetapi ada perubahan dari pihak panitia dan waktu latihan kami yang terbentur.” Di sisi lain, ia mengemukakan kesannya, yaitu senang setelah mengikuti perlombaan ini karena dapat menambah pengalaman serta relasi pertemanan lewat kerja satu tim.

I Made Darma selaku juri menuturkan pesannya, “Saya harap tema Bulan Bahasa Bali selanjutnya mampu menggali kemampuan anak-anak menggunakan Bahasa Bali sekaligus melestarikan Bahasa Bali.” (sws & ern)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :