Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Tim Suksma Sabet 4 Kejuaraan melalui Ajang FLS2N

Tim Suksma Sabet 4 Kejuaraan melalui Ajang FLS2N

berita 21/07/2023

Suksma Journey - "Teruslah berusaha, jangan menyerah, percayalah dengan usaha yang telah kita lakukan akan sebanding dengan hasil yang kita dapatkan." Ujar Ode sebagai pesannya. Dalam sebuah prestasi gemilang, siswa SMA Negeri 1 Sukawati berhasil mencatatkan kejayaan dengan memenangkan 4 gelar juara dalam Festival Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang diadakan oleh Kemdikbud Indonesia. Prestasi ini memperlihatkan keunggulan sekolah dalam dunia seni dan bakat siswanya.

FLS2N telah menjadi ajang bergengsi di Indonesia yang menampilkan kompetisi seni di berbagai cabang, termasuk seni tari, seni musik, seni teater, dan film. Pelaksanaan lomba ini dibagi menjadi 4 tahap, dimulai dari seleksi tingkat kabupaten pada 17 Juni 2023, seleksi tingkat provinsi pada 6 Juli 2023, semifinal tingkat nasional pada 20 Juli 2023, hingga final tingkat nasional yang akan diadakan pada 12 Agustus 2023 mendatang.

Pada tahun ini, SMA Negeri 1 Sukawati berhasil menonjolkan diri dengan keberhasilan mereka di

berbagai kategori. Berbagai kategori tersebut diraih oleh:

1. Juara 1 Film Pendek oleh Tim Frames Suksma

2. Juara 2 Tari Kreasi oleh Ni Ketut Ristya Prananda Putri

3. Juara 2 Komik Digital oleh Ni Kadek Kilala Purnamasari

4. Juara 3 Monolog oleh Putu Eka Amelia Susanti

Dalam wawancara, Eka Amelia sebagai salah satu peserta perlombaan monolog, menjelaskan persiapannya yang sangat intensif. Menjadi bagian dari ekstrakurikuler teater dan mendapatkan dukungan teman-teman yang penuh semangat serta bimbingan sabar dari pembina mereka, Eka merasa sangat beruntung. Eka belajar banyak hal baru seperti bagaimana mengolah vokal dengan baik, menghayati karakter, dan mengekspresikan cerita secara mendalam.

Selanjutnya, Ode Pradnya selaku perwakilan tim Frames Suksma yang bertanggung jawab atas produksi film turut membeberkan proses pembuatan film mereka yang terbagi menjadi 3 tahap. Tahap itu dimulai dengan tahap praproduksi di mana mereka mencari ide, mengembangkan treatment film, menentukan lokasi dan melaksanakan survei lokasi, serta mencari aktor yang sesuai. Tahap produksi dilakukan di beberapa lokasi, termasuk Desa Cenigaan di Kintamani, lingkungan sekolah SMAN 1 Sukawati, dan jogging track Sukawati. Terakhir, tahap pascaproduksi melibatkan proses editing sebagai tahapan terakhir untuk menyempurnakan film tersebut.

Beberapa kendala yang dihadapi Eka pun sempat diungkapkan selama persiapan dan penampilan. Eka menyebutkan bahwa kendala utama muncul saat latihan, di mana terkadang suaranya menjadi serak atau terjadi kelelahan yang membuatnya lupa sebagian naskah. Jumlah naskah yang banyak juga

menjadi tantangan dalam menjaga fokus. Eka juga mengakui bahwa kelelahan dan rasa kantuk di siang hari dapat mengganggu konsentrasinya. Dalam menghadapi kendala tersebut, Eka menyadari pentingnya meningkatkan fokus dan memberikan perhatian ekstra agar dapat mengatasi tantangan tersebut.

Selain itu, Eka dan Ode juga turut membagikan kesan dan harapan mereka. Eka mengungkapkan bahwa kesannya sangat baik karena ini adalah kali pertamanya mewakili sekolah, dan ia merasa didukung oleh banyak tim, terutama tim teater yang memberikan dukungan dalam membangun dan memberikan rasa kebersamaan yang kuat. Eka berharap dapat meraih juara satu se-Provinsi pada tahun depan serta ada lebih banyak kesempatan bagi sekolah untuk mengadakan lomba dari luar sehingga semua orang memiliki kesempatan yang lebih besar untuk ikut serta. "Saya merasa sangat senang dan sangat tidak menyangka bahwa saya bisa memenangkan lomba ini di tingkat provinsi Bali" ungkap Ode. (wid&kda)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :