Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Garda, Event Terbaru PMR Wira Suksma

Garda, Event Terbaru PMR Wira Suksma

berita 22/08/2023

Suksma Journey - Salah satu ekstra di SMAN 1 Sukawati, yakni PMR Wira Suksma, sukses mengadakan Garda (Gema Aksi Relawan Muda) untuk pertama kalinya pada tanggal 20 Agustus 2023. Perlombaan ini ditujukan untuk tingkat SMP se-Kabupaten Gianyar dengan 4 cabang lomba, di antaranya lomba cerdas cermat, lomba fasilitator remaja sebaya, lomba poster digital dan lomba majalah dinding.

Mengadakan sebuah perlombaan adalah impian bagi sebuah ekstrakurikuler untuk dapat mengadakan event yang cukup besar. PMR Wira Suksma akhirnya berhasil mewujudkan impiannya walaupun terdapat beberapa rintangan yang harus dilewati. “Persiapan event ini dimulai dari bulan Juni sampai Agustus. Kita juga sempat kesulitan untuk mencari peserta karena ini merupakan event pertama kita. Namun, beruntungnya banyak kontribusi dari pembina dan alumni untuk keberlangsungan Garda ini,” begitulah curahan hati Ida Ayu Nanda Sulistya Dewi, selaku Ketua Panitia Garda.

Persiapan yang cukup lama itu dapat membuahkan hasil yang sangat memuaskan bagi seluruh panitia Garda. “Kaget sih bisa seantusias ini pesertanya, walaupun sempat ragu untuk mengadakan lomba ini. Karena ini merupakan Garda yang pertama dan kita masih buta dalam segi alur, masih belum tahu apa saja yang perlu untuk dipersiapkan dalam lomba ini. Ditambah kita langsung mengambil 4 sub lomba untuk event ini.” tambah Nanda.

Ibaratkan orang tua bagi seluruh anak didiknya, I Wayan Bawa Parmita S.Pd, selaku pembina PMR mengaku sering diajak curhat oleh anak didiknya selama persiapan Garda berlangsung. “Anggota PMR itu kebanyakan perempuan, mereka lebih sering cerita ke bapak. Mulai dari rencana, karena beberapa ekstrakurikuler lain sudah banyak yang mengadakan lomba di tingkat provinsi tapi kita memilih di tingkat kabupaten saja dulu, nanti akan ada evaluasi untuk ke depannya akan diadakan setahun sekali atau gimana. Tapi bagusnya sih diadakan rutin nantinya, karena selain kita belajar berorganisasi juga memberi kesempatan kepada adik-adik SMP untuk menguji kemampuan mereka dalam bidang kepalangmerahan.”


Garda memberikan sebuah pengalaman yang berharga bagi setiap pihak yang terlibat, baik itu panitia ataupun peserta. Ni Putu Acha Sumardani Pratiwi, salah satu peserta lomba cerdas cermat dari SMPN 1 Sukawati mengaku sangat senang dengan diadakannya Garda,“ Awalnya memang tertarik untuk ikut Garda, setelah persiapan yang cukup lama sekitar 1 bulan dan sempat ada perselisihan pendapat dengan rekan tim, akhirnya tiba hari perlombaan rasanya pun lega dan senang karena bisa mendapatkan wawasan serta pengalaman baru. Pokoknya sukses terus untuk Garda dan PMR Wira Suksma.” ungkapnya saat diwawancarai (20/8)


Akhir dari event ini menghasilkan juara umum yang diraih oleh SMPN 1 Sukawati. Regina, salah satu peserta Garda yang ikut mewakili sekolahnya pada perlombaan itu merasa tidak menyangka sekaligus senang, karena sekolahnya bisa menggaet juara umum dalam ajang Garda tahun ini. (sni & sna)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :