Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

2 Siswa-siswi Suksma Ikut Wakili Bali di Rainas XII

2 Siswa-siswi Suksma Ikut Wakili Bali di Rainas XII

berita 14/09/2023

Suksma Journey – Membawa nama Bali, 2 siswa-siswi SMAN 1 Sukawati berkesempatan mengikuti Rainas (Raimuna Nasional). Rainas merupakan perkumpulan perkemahan besar penegak dan pandega dari seluruh Indonesia yang diadakan setiap 5 tahun. Rainas tahun ini diadakan di Buperta (Bumi Perkemahan dan Graha Wisata) Cibubur, Jakarta Timur. Banyak persiapan yang dilakukan sebelum keberangkatan mereka ke Cibubur, salah satunya ialah penyeleksian para peserta yang mengikuti Raida tahun lalu untuk maju ke Rainas (pengumuman di bulan Juni). Kegiatan ini resmi dilaksanakan pada tanggal 14 hingga 21 Agustus 2023.

 

Ni Putu Intan Cahyani dan Bayu Salwa Maruta merupakan siswa-siswi yang dikirim untuk mengikuti Rainas. Salwa menyampaikan, pada hari pertama Rainas dilakukan upacara pembukaan di lapangan umum yang dihadiri oleh Ma’ruf Amin lalu dilanjutkan dengan acara selamat datang. Hari kedua dan ketiga siswa melakukan jadwal kegiatan perorang sesuai urutan. Kegiatan yang dilakukan seperti kampus bangkit, wisata, YDT (Youth Develodment Town), Rover Challenge, Beranda Nusantara, dan Fun Sport. Malam harinya diisi dengan jumpa tokoh inspirasi seperti Najwa Shihab, Kementrian Olahraga yaitu Dito Ariedjo, dan Moeldoko (kepala staff kepresidenan). Di hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2023 diawali dengan upacara bendera dan berpakaian adat masing-masing daerah. Setelahnya, siswa dari Bali mempertunjukan pentas seni. Di sela-sela pementasan terdapat hiburan yang dibintangi oleh Tulus, dan Raim Laode. Hari terakhir Rainas, diadakan karnaval juga diselingi stand makanan daerah. Upacara penutupan dimajukan yang awalnya tanggal 21 menjadi 20 agustus 2023 tepatnya jam 8 malam.

 

Adapun kendala yang diungkapkan oleh Intan saat pementasan seni, yaitu sound yang terlalu keras menyebabkan dialog kurang terdengar, dan kendala aplikasi Rainas untuk melihat kegiatan. “Senang, bangga dan bersyukur bisa ikut Raimuna Nasional karena kegiatan ini cuma 5 tahun sekali tidak semua orang bisa mengikuti ini, aku juga mau mengucapkan terima kasih dengan keluargaku dan teman-teman yang juga mendukung penuh aku sampai bisa berangkat ke Raimuna Nasional,” ucap Intan. Ia juga mengungkapkan pesan serta harapannya, “Untuk teman-teman semua kalau kalian bisa dapat kesempatan walaupun kalian merasa tidak mampu tapi coba saja, semuanya tidak mungkin datang 2 kali, jangan cepat menyerah, karena semuanya masih bisa dijalani kalau kalian semaksimal mungkin.” (kae & rev)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :