Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Bulan Bahasa: Menguatkan Warisan Bahasa dan Budaya Melalui Ultra

Bulan Bahasa: Menguatkan Warisan Bahasa dan Budaya Melalui Ultra

berita 28/10/2023

Suksma Journey - Ultra atau Culture, Art, and Sastra of Suksma merupakan sebuah event tahunan SMA N 1 Sukawati yang sudah dilaksanakan sebanyak tujuh kali untuk merayakan Bulan Bahasa. Tema besar yang diangkat, yaitu mengenai kebhinekaan. Panitia juga menyampaikan bahwa Ultra Vol.7 tahun ini mengusung tema, “Menuju Generasi Kreatif, Inovatif Berlandaskan Budaya Sastra dan Budaya dalam Era Globalisasi.”

Event Ultra Vol.7 pada tanggal 27 Oktober 2023 diawali dengan sesi pembukaan yang dilakukan di GOR SMA N 1 Sukawati. Sesi ini berisi kegiatan berupa sambutan dari Kepala SMA N 1 Sukawati dan Ketua Panitia, dilakukannya pemukulan gong oleh kepala sekolah sebagai bentuk simbolis bahwa event Ultra Vol.7 telah resmi dibuka. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan dari Sejebag Suksma yang mengusung tema kebhinekaan, yaitu mereka mengambil keberagaman baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Setelah sesi pembukaan, adapun perlombaan yang terlaksana pada Ultra hari pertama sebanyak 3 jenis lomba, yakni Lomba Baca Berita, Lomba Mading, dan Lomba Story Telling. Pelaksanaan Lomba Baca Berita yang berlangsung di GOR ini merupakan lomba dimana siswa/siswi membaca dan membawakan berita layaknya seorang presenter pada sebuah acara berita di televisi. "Aku memilih ikut lomba ini karena aku suka public speaking dan aku merasa passion aku di sini, jadi aku sekalian mengasah kemampuan itu lewat lomba yang diselenggarakan oleh Ultra. Pesanku untuk Suksma, semangat terus untuk berkarya dengan membuat event-event yang baru agar siswanya tidak bosan dan selagi ada kesempatan, ambil kesempatan itu, lebih baik gagal ketika mencoba daripada tidak mencoba sama sekali." ujar Maha Purnama, salah satu peserta lomba baca berita saat membagikan pengalaman dirinya ketika mengikuti lomba baca berita sekaligus menyampaikan pesannya.

Di samping itu, perlombaan mading terdiri dari 3 orang di setiap tim dengan mengangkat tema, "Generasi Muda yang Berbahasa dan Budaya dengan Berlandaskan Sumpah Pemuda" telah berlangsung selama 3 jam di salah satu ruang kelas SMA N 1 Sukawati. Tiap-tiap tim diberi kebebasan untuk mengkreasikan karya mereka yang nantinya akan dipresentasikan di hadapan dewan juri. Selain itu, terdapat perlombaan Story Telling yang dilaksanakan di GOR SMA N 1 Sukawati, di mana sebelumnya peserta diperkenankan untuk memilih salah satu cerita dari beberapa judul cerita yang sudah disiapkan oleh pihak panitia. Seluruh kegiatan pada hari ini berjalan dengan baik dan tentunya mendapat respon positif dari para siswa. Siswa-siswi di luar peserta lomba beramai-ramai untuk memberi dukungan dan semangat kepada teman-temannya yang sedang mengikuti perlombaan sebagai bentuk antusiasme mereka dalam menyambut event Ultra.

"Sebenarnya kita ini di Suksma sudah sangat luar biasa, kita punya banyak ekstrakurikuler yang mendukung kegiatan ini. Namun, yang namanya peningkatan juga diperlukan untuk ke depannya. Untuk harapan bapak, apapun rencana dan kegiatan dari panitia harap dilaksanakan, karena dengan mengikuti lomba berskala kecil di lingkup sekolah, akan menjadi bibit untuk mengikuti lomba dengan skala lebih
besar lagi diluar," tutup I Wayan Widya, S.Pd, M.Pd. selaku kepala sekolah SMA N 1 Sukawati. (sya & aya)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :