Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Persiapan Singkat, Shintya Gaet Juara 1 News Anchor

Persiapan Singkat, Shintya Gaet Juara 1 News Anchor

berita 14/11/2023

Suksma Journey - Ni Putu Shintya Vicita Dewi atau yang kerap dikenal dengan Shintya, siswi SMA Negeri 1 Sukawati yang sedang duduk di bangku kelas 11F 3.1 itu berhasil meraih Juara 1 dalam ajang perlombaan News Anchor yang diselenggarakan oleh Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, Denpasar. Lomba ini mengusung tema “Create Innovative Generation of Journalism” Shintya menyanpaikan bahwa ia mendapatkan informasi mengenai lomba tersebut melalui kakak kelas yang juga mengikuti ekstra Kriss. Lomba ini dimulai dari pendaftaran pada tanggal 21 September hingga 7 Oktober 2023, kemudian Technical meeting pada Minggu, 8 Oktober 2023 lalu dilanjutkan dengan 2 babak yakni babak penyisihan dan babak grand final.

Adapun beberapa persiapan yang disiapkan oleh Shintya sebelum perlombaan dimulai. “Dari pendaftaran itu gratis jadi nggak keluar biaya sama sekali. Untuk persiapan itu aku liat-liat berita di TikTok seperti cara baca berita sampai challenge baca berita dan untuk latihan itu aku ngapalin H-1, terus besoknya baru take video.” ujar Shintya. Selain itu ia pun juga menyampaikan kesulitannya dalam mencari studio untuk take video dan terdapat permasalahan dalam pengumpulan video, namun permasalahan tersebut dapat diatasi dengan baik.

Shintya mengatakan bahwa awalnya ia kurang yakin dalam meraih juara dikarenakan terdapat sedikit kesalahan dalam pengucapan kata saat live berita berlangsung. Saat pengumuman 5 besar, ia pun mengaku tidak menyangka bahwa ia akan lolos untuk masuk menuju grand final dan berhasil meraih Juara 1 dalam ajang perlombaan baca berita tersebut.

Guna memotivasi siswa-siswi Suksma yang juga ingin meraih prestasi di bidang jurnalis, Shintya membagikan beberapa tips and trick dalam mengikuti lomba baca berita, yakni lebih banyak dalam membaca berita dan mengikuti challenge melalui aplikasi TikTok yang berkaitan dengan membaca berita. Selain itu, bagi teman-teman yang ingin mengikuti perlombaan membaca berita dapat dimulai dari perlombaan yang bersifat gratis, tak hanya dapat menambah pengalaman, dengan mengikuti perlombaan seperti ini juga dapat melatih public speaking.

Tak luput, Shintya turut menuturkan kesan dan pesan untuk menginspirasi siswa-siswi Suksma. “Kalau kalian pengen ngelatih public speaking, kalian boleh mulai dari hal-hal kecil. Misalnya seperti latihan baca-baca berita, terus latihan di cermin untuk mengetahui gimana sih penampilan dan ekspresi kita saat baca berita dan selanjutnya boleh juga mengikuti lomba-lomba yang bersumber dari Instagram ataupun media sosial lainnya.” (aca & ima)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :