Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Menjelang Ujian Sekolah, Siswa/i Kelas XII Melaksanakan Kegiatan Tirta Yatra

Menjelang Ujian Sekolah, Siswa/i Kelas XII Melaksanakan Kegiatan Tirta Yatra

berita 16/03/2024

Suksma Journey - Siswa/i kelas XII bersama beberapa guru melaksanakan kegiatan Tirta Yatra ke Pura Batur dan Besakih pada Selasa, 5 Maret 2024. Kegiatan ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh SMA Negeri 1 Sukawati, meskipun sempat terhenti sementara karena adanya wabah COVID-19.

Tirta Yatra merupakan kegiatan mengunjungi tempat-tempat suci sebagai perwujudan bakti dan rasa terima kasih dengan didasari hati yang tulus ikhlas. "Kegiatan Tirta Yatra memang berlangsung setiap tahunnya dan biasanya anak-anak kelas XII akan melaksanakan kegiatan tersebut menjelang ujian sekolah. Tahun kemarin hanya 1 angkatan saja yang melakukan kegiatan Tirta Yatra, sedangkan tahun ini mampu memberangkatkan 3 angkatan sekaligus. Tirta Yatra kali ini berlangsung secara lancar dan berjalan seperti biasa," ujar Drs. I Made Wirta selaku wali kelas XII MΙΡΑ 1.

Ni Putu Padma Cahyani atau Padma selaku salah satu siswi yang mengikuti kegiatan tersebut mengungkapkan mengenai rundown dari kegiatan Tirta Yatra. Kegiatan dimulai dengan kumpul di sekolah dan sembahyang mandiri pada pukul 07.00 pagi. Lalu saat pukul 07.30, rombongan mulai berangkat menuju ke Pura Batur. Sesampainya di sana, kegiatan persembahyangan bersama pun dilaksanakan sampai sekitar pukul 11.00. Kemudian rombongan langsung bersiap menuju ke Pura Besakih. Pada pukul 15.00, semua rombongan sampai di bus untuk menempuh perjalanan pulang selama 2 jam.

“Kendala yang saya alami seperti waktunya sedikit terlambat dari rangkaian kegiatan tetapi masih wajar. Namun, kendala utamanya banyak yang kehujanan tapi suasana pada saat Tirta Yatra tentu sangat menyenangkan karena bisa bercanda bersama teman dan juga merasa tenang,” ungkap Padma. Selain itu, adapun pesan yang disampaikan oleh Drs. I Made Wirta, “Pesannya untuk kita semua terutama siswa/i kelas XII selama melaksanakan Tirta Yatra harus selalu disiplin dan tertib agar diberikan kelancaran." (msh & rva)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :