Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Pelaksanaan Kegiatan Donor Darah di SMA Negeri 1 Sukawati

Pelaksanaan Kegiatan Donor Darah di SMA Negeri 1 Sukawati

berita 27/09/2021

SUKSMA Journey - Sabtu (25/09), telah dilaksanakan kegiatan donor darah oleh PMR WIRA SUKSMA di SMA Negeri 1 Sukawati. Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 07.00-12.00 WITA dengan jumlah total pendonor darah sebanyak 62 orang. Penyelenggaraan kegiatan donor darah tersebut dibantu oleh petugas dari UTD PMI Kabupaten Gianyar.

Acara donor darah dilaksanakan dengan tujuan membantu orang yang sedang memerlukan darah dan untuk mewujudkan sikap peduli serta sukarelawan. Kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT PMI ke-76, tanggal 17 September lalu.

Adapun tahapan pelaksanaan yang harus dilewati pendonor darah meliputi,

1. Pendaftaran (peserta akan diarahkan untuk melaksanakan cek suhu dan mengisi formulir pendaftaran)

2.Tahap screening (dilakukan pengecekan tensi dan pengecekan golongan darah serta hemoglobin)

3. Ruang pelaksanaan (jika sudah lolos dari pengecekan bisa langsung pergi ke ruangan donor darah)

4. Observasi (observasi donor darah serta istirahat dan menunggu piagam donor darah)

Setelah dilaksanakan kegiatan donor darah, akan dilaksanakan pengecekan pada darah yang terkumpul terhadap 4 macam penyakit terlebih dahulu. Penyakit yang dimaksud meliputi HIV, Sifilis, Hepatitis B, dan Hepatitis C. Setelah dinyatakan aman dari penyakit tersebut, maka darah yang telah diperoleh akan dapat dikirim ke rumah sakit untuk keperluan transfusi.

Ni Kadek Dwi Aristya Saraswati selaku Wakil Ketua Pelaksana kegiatan donor darah menerangkan, "Persiapan kegiatan ini lumayan susah karena sedang pandemi. Ada beberapa orang yg tidak diperbolehkan keluar rumah untuk ikut serta mempersiapkan kegiatan ini dan persiapan kegiatan ini sudah dilaksanakan (sejak) 1 bulan yang lalu, tetapi karena adanya vaksinasi tahap 2 jadi persiapannya tertunda."

"Motivasi aku ikut serta dalam kegiatan ini yaitu biar bisa bantu orang lain yang membutuhkan darah, walaupun hal kecil setidaknya aku bisa bantu orang. Aku baru pertama kali sih ikut donor darah dan ternyata agak sakit pas ditusuk jarum,tetapi perasaan aku senang banget karena udah bisa bantu orang lain dengan cara ini," ujar Tania, salah satu pendonor darah, saat diwawancarai tim Jurnalistik SUKSMA Sabtu(25/9) kemarin.

Bapak Kepala SMA Negeri 1 Sukawati, I Wayan Widia, S.Pd.,M.Pd, yang kebetulan juga mengikuti pergelaran tersebut, menuturkan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan serangkaian dari event HUT Suksma dan PMI. Dari penuturannya, beliau sudah 4 kali mengikuti kegiatan serupa di luar lingkungan SMA Negeri 1 Sukawati, "dari dulu, di lingkungan Suksma belum ada kegiatan donor darah seperti ini bahkan ini baru event yang pertama." ujarnya.

Beliau memaparkan tentang pembentukan grup KUDARMA atau Keluarga Donor Darah Suksma. Dengan terbentuknya grup tersebut diharapkan darah yang sudah disumbangkan para pendonor bukan hanya berguna untuk keluarga kita sendiri, melainkan juga untuk orang lain yang membutuhkan. Saat ditanya mengenai ada atau tidaknya tujuan beliau ikut ambil bagian pada kesempatan kali ini, beliau menyatakan ingin mengedukasi khalayak terkhususnya murid SMA Negeri 1 Sukawati bahwa donor darah tidak berbahaya, "justru kegiatan ini sangat bermanfaat, baik darisegi kesehatan dan kemanusiaan." ujarnya

Terakhir, beliau menyampaikan harapan terhadap kegiatan donor darah SMA Negeri 1 Sukawati, "harapan bapak sendiri, semoga kegiatan kita kali ini menjadi pelopor dan dapat ditiru oleh sekolah yang lain, serta bagi para pendonor agar bisa kembali mendonorkan darahnya pada kesempatan atau event serupa diluar ruang lingkup SMA Negeri 1 Sukawati." (Juweni & Dea)

 

Halaman: 1234567

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • Drs. I Nyoman Putra, M.Pd.

    Drs. I Nyoman Putra, M.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Ni Ketut Darmini, S.Pd.

    Ni Ketut Darmini, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Drs. I Wayan Artha Utama

    Drs. I Wayan Artha Utama

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • I Ketut Kaptika, S.Pd.

    I Ketut Kaptika, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Kasubag Tata Usaha

POJOK PPDB 2021-2022

Sosialisasi Petunjuk Teknis Portal Pendaftaran

Informasi Terbaru

  • Kepada calon peserta didik yang mengikuti PPDB Jalur Prestasi, agar melengkapi foto bukti jumlah kepesertaan dalam kejuaraan oleh Panitia Penyelenggara atau Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.

Kontak Panitia

Ibu Darmini 0878-6216-1988
Bapak Made Darma 0813-3867-5833

Agenda

DAPODIKDASMEN

Peta Lokasi

Follow Kami :