Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Peringati Hardiknas, Suksma Adakan Upacara dengan Adat Kebaya

Peringati Hardiknas, Suksma Adakan Upacara dengan Adat Kebaya

berita 05/05/2023

Suksma Journey - 2 Mei 2023, SMA Negeri 1 Sukawati melaksanakan upacara bendera dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Tanggal ini diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pendidikan Nasional karena bertepatan dengan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara guna mengenang jasanya selaku Bapak Pendidikan Nasional.

Upacara dihadiri oleh kepala sekolah, guru, staf, serta perwakilan perangkat kelas X dan XI SMAN 1 Sukawati dikarenakan bertepatan dengan acara graduation angkatan ke-33 Suksma sehingga diantisipasi agar tak mengganggu persiapan acara yang telah dilakukan. Uniknya, dalam upacara peringatan Hardiknas kali ini seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat daerah. I Wayan Widia S.Pd., M.Pd. selaku kepala sekolah mengungkapkan bahwa penggunaan pakaian adat ini disepakati pada amanat menteri pendidikan, yang mana dilakukan untuk menekankan pada budaya bangsa kita yang tidak boleh punah karena digerus oleh teknologi.

Persiapan untuk upacara ini dapat dikatakan cukup singkat. I Nyoman Harta Adhi Dharma selaku perwakilan dari OSIS menyatakan bahwa latihan upacara hanya berlangsung sekitar 2 hari. Perangkat upacara diwakili oleh OSIS sendiri, kemudian Paskibra selaku pengibar bendera serta gabungan OSIS dan Paduan Suara sebagai tim vokal. Mang Adhi menambahkan bahwa kendala yang dialami selama upacara berasal dari pemasangan tenda untuk acara kelas XII yang memakan banyak tempat. Namun, meski sempat mengalami kendala, upacara dapat berlangsung dengan baik.

Adapun pesan yang ditinggalkan oleh I Wayan Widia untuk siswa-siswi SMAN 1 Sukawati, “Pendidikan telah merubah kita, tetapi jangan sampai kita terlewati oleh perubahan itu. Mari kita bersama-sama untuk mengikuti perubahan, karena semua program pemerintah itu bermakna untuk kita.” (tir & una)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :