Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Bosan Karena Liburan, 3 Siswa/i Suksma Raih Juara dalam Lomba ASEC Unud

Bosan Karena Liburan, 3 Siswa/i Suksma Raih Juara dalam Lomba ASEC Unud

berita 21/08/2022

Suksma Journey – Berawal dari bosan karena liburan akhir semester, siswa-siswi Suksma kembali meraih prestasi dalam lomba bertajuk ASEC (Agroecotechnology Scientific Enthusiast Competition) yang diselenggarakan oleh Falkutas Pertanian Universitas Udayana. Lomba ini diwakilkan oleh 3 siswa/i Suksma dari kelas XII, yaitu Anak Agung Puteri Listya Saraswati yang mengikuti lomba video edukasi dengan menggunakan media tiktok, Diah Manahe Kusuma dan I Gusti Ngurah Kade Sukahadi Rastra yang mengikuti lomba esai.

Lomba kali ini bertemakan "Optimalisasi Inovasi Teknologi Berbasis Keunggulan Guna Meningkatkan Hasil Produksi Pangan yang Berkelanjutan" yang diselenggarakan pendaftarannya dari tanggal 13 Juni sampai 10 Juli 2022. Terdapat 3 perlombaan didalamnya, yaitu lomba video edukasi, lomba esai, dan LKTI.

Anak Agung Puteri Listya Saraswati, mengikuti lomba video edukasi dengan menggunakan media tiktok. Listya mengambil konsep dari salah satu teknologi yang dibuat lokal di negara kita namanya “Mesin pemanen padi dan pengolahan tanah terintegrasi” karena Listya tertarik dengan fungsinya, yaitu bisa membantu memanen padi dan mengolah tanah di sawah.

Listya mulai mempersiapkannya dari 3 hari sebelum pendaftaran ditutup. Dengan dikejar waktu, Listya pun bekerja keras untuk menyelesaikan videonya tersebut. Usahanya pun tidak sia-sia karena setelah itu, Listya pun diumumkan mendapat juara 2 pada tanggal 29 Juli dan pengambilan hadiahnya yaitu tanggal 31 Juli 2022 bertepatan dengan presentasi lomba esai dan LKTI.

Diah Manahe Kusuma dan I Gusti Ngurah Kade Sukahadi Rastra mengikuti lomba esai. Lomba esai ini lebih memberikan inovasi atau ide teknologi baru. Lombanya ini mereka daftar pada tanggal 10 Juli 2022 dan akhirnya berhasil meraih juara 2 juga pada tanggal 31 Juli 2022. Berawal dari Diah bosen pas liburan dan kebetulan melihat lombanya di media sosial, jadi aku ajak teman-teman terus kita susun deh esainya. “Aku ikut lomba itu gara-gara bosen pas liburan, terus di Instagram aku lihat ada lomba ini, yaudah deh iseng ngajakin temen ku” ucap Diah.

Pada saat persiapan lombanya, ada beberapa halangan yang membuat mereka berdua sedikit kesusahan mulai dari kurang yakin dengan esainya, hingga ada salah satu dari mereka yang mempunyai kesibukan saat itu, walau akhirnya mereka bisa menyelesaikannya. Setelah selesai pengumpulan, diadakan seleksi hingga mendapat 5 besar. Dari 5 besar tersebut, nantinya diadakan presentasi dan sesi tanya jawab pada tanggal 31 Juli 2022 di gedung Universitas Udayana. (wsn)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :