Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Semangat Belajar Tinggi Bawa KSPAN jadi Juara

Semangat Belajar Tinggi Bawa KSPAN jadi Juara

berita 16/03/2023

Suksma Journey (03/03/2023) - 2 tim yang terdiri atas 6 siswi anggota KSPAN Suksma berhasil meraih juara 1 Debat Bahasa Indonesia, juara 2 Lomba Cerdas Cermat dan kategori best speaker dalam ajang perlombaan PARAS LCT VIII. Ajang perlombaan ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI).

Himpunan Mahasiswa INSTIKI  menggelar kompetisi PARAS LCT se-provinsi Bali dengan tema "Recover Together With Technology Education Creative". Adapula jenis-jenis lomba pada kompetisi ini, yaitu lomba UI/UX design dan design web untuk mahasiswa. Lomba debat bahasa Indonesia, web, dan LCC (Lomba Cerdas Cermat) untuk SMA/SMK sederajat. Lomba microsoft word, microsoft power point, dan microsoft excel untuk SMP/sederajat. Kegiatan perlombaan ini berlokasi di Gedung INSTIKI Denpasar.

Adapun rangkaian jadwal kegiatan lomba, yakni pembukaan pendaftaran mulai dari 26 Desember 2022 - 17 Februari 2023. Lalu dilanjutkan dengan Technical Meeting pada 19 Februari. Selain itu, adapula babak penyisihan Lomba Debat Bahasa Indonesia pada tanggal 2 Maret yang dilanjutkan dengan babak semifinal, dan final pada tanggal 3 Maret. Sementara Lomba Cerdas Cermat sendiri dilaksanakan pada tanggal 3 Maret yang terdiri dari babak penyisihan, semifinal, dan juga final. Terakhir ada pengumuman juara pada tanggal 4 Maret  yang diikuti dengan penyerahan hadiah pada tanggal 5 Maret.

Ni Komang Yunita Purnama Sari yang kerap disapa Yunita, selaku  peserta perwakilan lomba debat mengaku sudah melakukan persiapan dengan mendalami kata kunci, mosi yang diberikan oleh juri, serta menyiapkan kesediaan mental. "Kalo dari debat itu yang paling menantang adalah mosinya,” ungkap Yunita. Menurut Yunita kendala yang ia lalui selama persiapan adalah elaborasi dengan tim dan juga harus belajar dari awal untuk materi perlombaan. Dengan berbekal pengalaman serta latihan yang intens, akhirnya Yunita beserta timnya berhasil meraih juara 1 Debat Bahasa Indonesia

Ni Luh Putu Pradea Angreni atau Dea yang menjadi perwakilan Lomba Cerdas Cermat kali ini mengaku mengalami kendala di bagian materi perlombaan. “Aku dari kelas 10 itu engga dapat mapel informatika jadi memang belajar dari awal dan banyak juga lawan yang sudah punya pengalaman di bidang ini,” ungkap Dea. Namun, hal itu justru menjadi motivasi untuk Dea agar semangat dalam melakukan persiapan sehingga dapat menggaet juara 2 bersama timnya. Di sisi lain, terdapat juga Jessica Olivia Wulandari Riyanto yang berhasil menyabet kategori best speaker.

Terlepas dari hal-hal yang menjadi kendala kedua tim ini, Yunita merasa senang karena berhasil membawa pulang juara 1. Selain itu, dia juga merasa puas dengan hasil yang didapat pada perlombaan debat kedua yang telah ia ikuti. Begitu pula dengan Dea yang  merasa perlombaan kali ini luar biasa karena bisa menjadi juara dan mengharumkan nama SMAN 1 Sukawati. (krs&cin)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :