Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Memuliakan Bahasa, Suksma Kembali Gelar Ultra

Memuliakan Bahasa, Suksma Kembali Gelar Ultra

berita 25/10/2024

Suksma Journey - Ultra (Culture Art and Sastra of Suksma), yaitu acara bulan bahasa yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Sukawati dengan mengusung tema “Cita, Citra, dan Cinta” di mana kreativitas dan kecintaan terhadap bahasa dipadukan dalam berbagai kegiatan menarik. Melalui Ultra, diharapkan semua peserta dapat semakin menghargai kekayaan bahasa dan budaya Indonesia serta meningkatkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar. Pada 24 Oktober 2024, Pemukulan gong oleh Kepala Sekolah menandai pembukaan resmi acara Ultra ke-8 ini.

I Wayan Widia, S.Pd., M.Pd Kepala SMA Negeri 1 Sukawati mengungkapkan bahwa bulan bahasa dirayakan sebagai penghormatan terhadap bahasa, terutama Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah. Perayaan ini dilaksanakan pada bulan Oktober karena bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, yang menjadi kiblat acara ini. Kegiatan bulan bahasa juga diadakan berdasarkan surat dari dinas yang menekankan pentingnya memuliakan bahasa. Persiapan Ultra dimulai dengan pembentukan panitia yang terdiri dari guru dan OSIS, serta pendanaan dari anggaran sekolah. Tentunya ada berbagai lomba yang diadakan untuk memeriahkan kegiatan ini. Di hari pertama Ultra dilaksanakan lomba MC, poster digital/infografis, dan penilaian lomba cipta puisi.

Putu Aditya Paramartha Sugatha yang kerap disapa Adit dan I Made Buddhya Partha Mahatama yang kerap disapa Buddha merupakan perwakilan dari Tim Laksamana. Mereka berpartisipasi dalam perlombaan poster digital/infografis yang bertema “Budaya dan Sastra dalam Nilai Sumpah Pemuda”. Adit menerangkan ia mulai mempersiapkan lomba poster digital ini pada 22 Oktober untuk mengerjakan materi sampai dengan tanggal 23 Oktober mereka menyepakati judul poster yang menarik dan mencari referensi dari internet. Meskipun tidak memiliki pengalaman dalam membuat poster, mereka tetap semangat dalam melaksanakan perlombaan ini. "Acara perlombaan Ultra ini sangat luar biasa dan bermanfaat, karena melalui lomba ini seluruh warga Suksma bisa mengenal budaya dan sastra Indonesia. Kami sangat bersyukur bisa berpartisipasi terutama di lomba poster dan menyampaikan budaya serta sastra kepada khalayak umum,” ujar Adit. 

Terakhir, Ni Komang Fionata Aristya salah satu siswa yang menyaksikan perlombaan acara Ultra ke-8 memberikan kesannya, ”Saya merasa sangat terkesan dengan lomba Bulan Bahasa ini, terutama karena ini adalah acara Ultra pertama saya. Saya merasa acara ini sangat menyenangkan. Saya berharap acara bulan bahasa berikutnya dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik,” ujarnya. (snt & lin)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :