Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Libur Semester Ganjil, Suksma Laksanakan Pasraman Kilat

Libur Semester Ganjil, Suksma Laksanakan Pasraman Kilat

berita 28/12/2022

Suksma Journey – SMA Negeri 1 Sukawati menyelenggarakan Pasraman Kilat sesuai dengan arahan Dinas Pendidikan Provinsi Bali. Pasraman ini dilaksanakan pada Selasa, 27 Desember 2022 yang diikuti oleh seluruh pengurus kelas X, XI, dan XII tepatnya di GOR SMA Negeri 1 Sukawati. Kegiatan ini bertujuan untuk mengisi waktu luang selama libur semester agar diisi dengan kegiatan positif.

Pasraman Kilat merupakan kegiatan untuk memperkenalkan sarana upacara agama Hindu di Bali yang diadakan secara kilat yaitu, hanya satu hari saja. Kegiatan ini dilangsungkan di seluruh SMA di Bali tepatnya harus di bulan Desember. Di SMA Negeri 1 Sukawati, acara Pasraman Kilat diawali dengan melaksanakan puja Tri Sandhya bersama. Dilanjutkan dengan pemberian Dharma Wacana yang berjudul “Makna Hari Raya Galungan”.

Seusai Dharma Wacana, para peserta diberikan tugas untuk membuat beberapa sarana upacara. Para siswa ditugaskan untuk membuat katik sate khususnya katik lembat. Sementara, untuk para siswi ditugaskan untuk membuat tiga jenis tipat yaitu, tipat nasi, tipat dampulan, dan tipat sirikan.

I Ketut Astawa, S.Pd selaku Waka Kesiswaan yang turut membina Pasraman Kilat mengutarakan, “Selain untuk mengisi waktu luang selama liburan semester, Pasraman Kilat ini juga menjadi ajang untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan siswa/siswa.” Adapun harapan dari Ni Luh Warastri, S.Pd.H selaku guru agama di SMA Negeri 1 Sukawati yang menjadi pemapar materi Dharma Wacana, “Harapan saya agar para siswa belajar mengenai sarana upacara Hindu di Bali karena saat ini banyak siswa yang belum bisa membuat tipat atau katik sate sehingga, di sini wadah kita untuk belajar supaya kita bisa membuat sarana upacara agama Hindu.”

Salah satu peserta Pasraman Kilat, yaitu Putu Ayu Mas Aryananda Mahotama merasa sangat senang karena dapat mengikuti kegiatan ini. Ia juga berpesan semoga tahun depan tidak hanya pengurus kelas saja tapi semua siswa ikut dalam rangka kegiatan pesraman kilat. Pasraman Kilat ini diakhiri dengan doa bersama. (ayu & lan)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :