Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Bikin Kagum, Tiga Siswi Suksma Juarai Lomba Pidato Nasional

Bikin Kagum, Tiga Siswi Suksma Juarai Lomba Pidato Nasional

berita 28/03/2023

Suksma Journey – Tiga siswi perwakilan SMA Negeri 1 Sukawati, yaitu Jessica Olivia Wulandari Riyanto, Ni Luh Putu Pradea Anggreni, dan Ni Kadek Suhita Sawitri berhasil meraih 3 penghargaan dalam ajang perlombaan pidato tingkat Nasional, SMA/SMK/MA sederajat di Universitas Warmadewa, yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Warmadewa pada tanggal 15 Februari hingga 18 Maret 2023. Tiga penghargaan yang diraih, yaitu Wulan sebagai juara 1, Dea sebagai juara harapan 2, dan Suhita sebagai juara 3.

Ada tiga tema yang diusung dalam perlombaan tersebut, tema utamanya yaitu, “Agile Government di era Society 5.0”, sub tema penyisihan, “Peran Generasi Milenial dalam Menyukseskan Agile Government”, dan sub tema grand final “Peran Generasi Muda sebagai Agent of Change pada Era Society 5.0”. Pendaftaran lomba tersebut dimulai dari tanggal 15 hingga 24 Februari, dan pengumpulan karya video pada tanggal 15 Februari hingga 5 Maret 2023. Dilanjutkan babak penyisihan pada tanggal 7 Maret dan pengumuman grand final. Setelah itu diadakan TM pada tanggal 9 Maret serta perlombaan grand final diselenggarakan pada tanggal 17 Maret.

Ni Putu Pradea Anggreni mengaku ia mengikuti lomba karena ingin mencoba hal baru dengan berbagai persiapan, dimulai dari latihan bersama yang ditemani oleh coach pada bulan Februari akhir. Serta untuk persiapan latihan grand final bersama melalui zoom dengan saling merevisi satu sama lain. Adapun kendala yang dihadapi sebelum mengikuti lomba, “Kita harus bikin teks baru, dan harus banyak baca supaya teks tidak menoton, dan temanya juga bukan cangkupan kita sebagai siswa, terus aku harus bisa ngolah pikiran untuk latihan karena aku mengikuti dua lomba sekaligus.” ujar Dea.

Di samping itu, Ni Kadek Suhita Sawitri ikut memaparkan persiapan dan kendalanya, “ Untuk persiapan lombanya cukup panjang, apalagi dengan ada dua babak di semi final jadi harus menyiapkan teks lagi. Setelah itu, latihannya harus menyesuaikan agar lebih mencangkup ke sub tema yang sudah ditentukan. Kendala yang aku hadapi yaitu susah buat cari ide karena ada sub tema baru, sehingga kita harus pinter ngolah ide biar nggak sama seperti sub tema sebelumnya.” tutur Suhita.

Wulan mengungkapkan kesan dan pesannya setelah mengikuti lomba pidato tersebut, “Ini lomba pidato pertamaku, jadi cukup deg-deg an. Kalau berpidato itu kita harus punya matters atau hal yang ingin disampaikan dan bagaimana kita menyalurkan ke audiens, jadi cukup sulit. Seru, menantang, dan bersyukur karena bisa ikut lomba pidato untuk pertama kalinya. Buat temen-temen, intinya adalah mencoba. Mencoba untuk jadi bisa, dan berlatih untuk bisa maksimal. Banyak pesaing di luar sana, tapi lawan sesungguhnya adalah diri sendiri.” ujar Wulan. (drh & frd)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :