Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Bulan Bahasa SUKSMA (ULTRA) Kembali Digelar, Simak Pelaksanaannya!

Bulan Bahasa SUKSMA (ULTRA) Kembali Digelar, Simak Pelaksanaannya!

berita 05/11/2021

SUKSMA Journey – Diadakannya kembali acara bulan bahasa setelah pandemi yang kali ini dikenal dengan ULTRA#5. Bulan Oktober diperingati sebagai bulan Bahasa dan sastra yang bersumber dari lahirnya sumpah pemuda yang pada butir ke-3 menyatakan “ Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia”, maka ditetapkanlah bulan Oktober sebagai bulan Bahasa. Tema yang diangkat tahun ini “Bangkitkan , kuatkan, dan tingkatkan karakter bangsa lewat sastra dan budaya”.

Ni Putu Intan Cahyani, salah satu anggota OSIS SUKSMA yang ditugaskan sebagai ketua pelaksana pada Lomba Bulan Bahasa atau ULTRA #5 menjelaskan tentang susunan acara dalam kegiatan bulan bahasa ini sudah dipersiapkan dari jauh – jauh hari secara matang. Kegiatan bulan bahasa kali ini dilaksanakan 3 hari, mulai dari tanggal 26 – 28 Oktober 2021. Hasil rapat bersama para guru akhirnya memutuskan untuk mengadakan 9 jenis lomba. Perlu diketahui, lomba diadakan secara online dan offline.
Kategori lomba meliputi,
Lomba Online :
- Lomba baca berita
- Lomba monolog
- Lomba essay
Lomba Offline :
- Lomba MC
- Lomba pidato
- Lomba story telling
- Lomba debat
- Lomba baca puisi
- Lomba origami

“Senang banget bisa kerja bareng – bareng sama SMA Negeri 2 Sukawati, acaranya berjalan dengan lancar, dan banyak siswa yang sudah mau ikut berpartisipasi. Semoga nanti kedepannya di bulan bahasa selanjutnya bisa lebih meriah lagi daripada yang sekarang dan lebih banyak inovasi – inovasi baru lagi kedepannya,” ujarnya saat diwawancarai secara langsung ( 28/10)

Ni Kadek Purniawati S.Pd yang mengemban tugas sebagai ketua pelaksana bulan bahasa kali ini menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta kepada tanah air, bangsa dan bahasa, melatih siswa untuk meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri dengan bakat yang dimiliki, dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
“Sebuah kehormatan dari dewan juri dan sudah dipercaya sebagai ketua pelaksana, semua peserta sudah bagus, tinggal diasah hingga kita bisa ikut serta dalam lomba-lomba” ujar beliau.

Ida Ayu Candra Dewi S.Pd, M.Pd seorang guru bahasa indonesia yang dipilih sebagai juri lomba debat. Penentuan pemilihan juri berdasarkan pilihan OSIS. Sebagai juri ia menyatakan bahwa menilai para peserta lomba dengan argumentasi yang dikatakan, informasi yang bersifat fakta, serta caranya menyatakan argumentasi. Untuk kedepannya ia ingin agar bulan bahasa selanjutnya juga mengadakan lomba debat agar dapat melihat bibit-bibit dari kegiatan tersebut. (Ria, Cahaya & Yunita)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :