Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Suksma Lepaskan Hewan ke Habitatnya dalam Rangka Tumpek Kandang

Suksma Lepaskan Hewan ke Habitatnya dalam Rangka Tumpek Kandang

berita 20/03/2023

Suksma Journey – Tumpek Kandang atau juga disebut Tumpek Uye, dirayakan setiap 6 bulan sekali pada Saniscara (Sabtu) Kliwon, Wuku Uye. Warga SMA Negeri 1 Sukawati turut merayakan dengan melaksanakan pelepasan satwa ke habitatnya guna menjaga dan melestarikan alam pada Senin, 20 Maret 2023.

Perayaan tersebut diselenggarakan atas arahan surat intruksi Gubernur Bali. Pada peringatan tumpek kali ini, tak hanya pelepasan satwa, para siswa Suksma juga melakukan pembersihan di sekitar areal lingkungan sekolah.

Tujuan dari perayaan Tumpek Kandang adalah untuk menghormati atau sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih kepada binatang karena dapat membantu dalam kehidupan manusia. I Putu Raditya Agustayana Putra, selaku salah satu siswa SMA N 1 Sukawati mengungkapkan kesannya bahwa ia sangat senang mengikuti perayaan Tumpek Kandang kali ini karena dapat ikut serta melestarikan alam sekitar.


I Wayan Widia, S.Pd.,M.Pd., selaku kepala sekolah, menjelaskan pendapatnya bahwa perayaan Tumpek Kandang kali ini walaupun terdapat berbagai kendala, namun berkat antusiasme warga Suksma acara perayaan ini dapat berjalan dengan lancar dan luar biasa. Selain itu ia juga menuturkan pesan untuk ke depannya. “Bapak berharap kepada siswa/i Suksma sebagai volunteer kita di sekolah dapat menyampaikan kepada masyarakat supaya sadar menjaga dan melestarikan satwa serta habitatnya.” ungkapnya saat diwawancarai. (sws&kda)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :