Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Perbaiki Pembelajaran di Kelas, Suksma Adakan Seminar Rutin

Perbaiki Pembelajaran di Kelas, Suksma Adakan Seminar Rutin

berita 21/12/2022

Suksma Journey – Rabu, 21 Desember 2022 telah dilaksanakan Seminar Penilaian Tindakan Kelas (PTK) di SMA Negeri 1 Sukawati. Kegiatan kali ini membahas tentang penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Masing-masing guru pasti memiliki permasalahan dikelas yang pastinya akan dibicarakan pada seminar ini. Pertemuan ini juga sangat berdampak baik kepada para guru, salah satunya dengan menambah wawasan untuk proses pembelajaran sehingga mampu meningkatkan hasil pembelajaran ke tingkat yang lebih baik.

​Kegiatan ini melibatkan seluruh pemangku kepentingan SMA Negeri 1 Sukawati diantaranya kepala sekolah, guru, pegawai, pengawas, kemudian komite dari Dinas Pendidikan provinsi Bali, analis dari Dosen staf penilai penelitian beserta seluruh pemangku kepentingan SMA se-kabupaten Gianyar. Pelaksanaan Seminar PTK dilangsungkan pada 21-22 Desember 2022. Yang dimana pada 21 Desember 2022 ada dua atau tiga narasumber yang memaparkan materi. Dan hari terakhir pada 22 Desember 2022 adalah RTL yaitu (Rancangan Tindak Lanjut) yang harus dibuat dan diproses sesuai dengan masukan-masukan dari panelis.

I Made Darma, S.Pd, M.Si. sebagai Wakil Kepala sekolah Kurikulum sekaligus panitia seminar PTK berpendapat bahwa jalannya kegiatan harus sesuai tujuan, “Yang pertama, semua guru termotivasi untuk menulis dalam bentuk PTK kemudian yang kedua setelah memiliki PTK itu akan diseminarkan agar bisa digunakan untuk naik pangkat guru”.

​Perencanaan kegiatan Seminar kali ini sudah dilakukan sekitar 2 atau 3 minggu. Dimulai dengan berkoordinasi, bimbingan, arahan kepada Bapak Kepala Sekolah, serta rekan-rekan para guru kepada siswa untuk menyiapkan konsep dari PTK itu sendiri. Putu Agus Sudiasa, S.Pd selaku perwakilan dari guru SMA Negeri 1 Sukawati menyampaikan persiapan Penilaian Tindakan Kelas (PTK), “Untuk persiapan, ada beberapa hal yang harus disiapkan terutamanya adalah Mental. Itu menjadi faktor penting untuk kesuksesan kita dalam menjalani apapun. Kemudian yang kedua adalah persiapan-persiapan seperti materi, literasi, kemudian media-media yang terkait dengan Penelitian Tindakan Kelas.”
“Setelah seminar ini kita lalui, karena kita mendatangkan penulis yang profesional harapan kita semua guru bisa menulis PTK (Penilaian Tindakan Kelas) dengan benar dan sesuai kaidahnya, sehingga ketika digunakan untuk naik pangkat pasti dapat nilai 4,” harap I Made Darma, S.Pd., M.Si.

Tak lupa, Putu Agus Sudiasa, S.Pd juga berpesan, “untuk kegiatan seminar hari ini adalah simultan atau berkelanjutan. Karena dampak positif yang dimunculkan , persiapan yang matang bisa terus dilaksanakan sehingga tujuan akhirnya adalah meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada di SMA Negeri 1 Sukawati mulai dari gurunya, pegawainya, peserta didiknya dan prestasi sekolah SMA Negeri 1 Sukawati.” (aca & trk)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :